24 Kg Sabu Dibakar di Kantor Bea Cukai

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Surabaya, LiraNews — BNNP Jawa Timur bersama Bea Cukai Tanjung Perak melaksanakan pemusnahan barang sitaan Narkotika jenis sabu sabu yang disita dari 4 (empat) tersangka dan dari 2 (dua) tempat kejadian perkara (TKP) yang berbeda dengan total keseluruhan barang bukti Narkotika jenis sabu sabu sebanyak 24.454 (dua puluh empat empat ratus limapuluh empat) gram.

Pemusnahan di KPPBC (Kantor Pengawas dan Pelayanan Bea dan Cukai) TMP (Tipe Madya Pabean) ini dihadiri oleh perwakilan Gubernur Jawa Timur, Kepala BNNP, Kepala Bea Cukai, perwakilan Kapolda Jatim seluruh Forkompinda Jatim, Selasa ( 3/9/2019).

Sabu tersebut dibakar dengan menggunakan alat pembakar milik BNNP Jatim. Satu persatu perwakilan forkompinda Jatim membawa satu bungkus sabu lalu di lempar ke alat pembakar.

Keterangan Kepala BNNP Jawa Timur, Brigjen Pol Bambang Priyambadha dalam konferensi persnya mengatakan, untuk TKP pertama di Banjarmasin dikirim melalui pesawat, lalu tiba di Juanda ada yang menjemput. TKP yang Kedua dikirim lewat jalur laut, melalui Kontainer di PelabuhanTanjung Perak dari Malaysia.

“Saat barang tiba, awalny kita X-Rai hampir tidak kelihatan. Akhirnya petugas dengan jeli lalu membongkar paketan tersebut,” ujar Brigjen Pol Bambang Priyambadha.

Tersangka IW yang datang membawa barang dari Banjarmasin akan melakukan transaksi terhadap tersangka FR. IW datang ke Surabaya dengan tujuan untuk menyerahkan barang Narkotika jenis sabu sabu sebanyak 6 bungkus plastik dengan berat total 1223 (seribu dua ratus dua puluh tiga).

“Setelah saling komunikasi dengan penerima, selanjutnya tersangka IW dan FR janjian untuk bertemu untuk serah terima barang tersebut di depan KFC Jl. Diponegoro Surabaya, setelah melakukan serah terima narkotika jenis sabu sabu petugas BNNP Jatim langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka IW, FR dan istrinya HS” imbuh Kepala BNNP Jatim.

Penangkapan terhadap tersangka FR dan istrinya HS yang sedang membawa narkotika jenis sabu sabu dengan menggunakan mobil Avansa warna hitam No.Pol. W-1443-YB serta mengamankan barang bukti Narkotika jenis sabu sabu sebanyak 6 bungkus plastik dengan berat total 1223 (seribu dua ratus dua puluh tiga) gram di palang pintu rel kereta api dari Jl Ketegan Barat Kel. Ketegan Kec. Taman Kab. Sidoarjo. Selanjutnya Ketiga tersangka beserta barang buktinya diamankan di Kantor

Atas perbuatanya tersebut tersangka diancam dengan Pasal 114 ayat (2) SubsPasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Untuk TKP kedua, petugas tim gabungan dan BNNP Jawa Timur dan Kanwil DJBC Jatim I telah berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang tersangka bernama AS yang ditangkap sewaktu sedang menyetir mobil pick up warna hitam No.PoI. M-8964-HA pada hari Rabu, tanggal 07 Agustus 2019, di Jl. Raya Banyu Ates Sampang Ds. Bring Koneng Kec. Banyu Ates Kab. Sampang.

Narkotika dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menuju Pamekasan dengan membawa kiriman paket berisi jenis sabu yang dikemas dalam kotak besar berisi 21 bungkus dengan berat total 19.217 (sembilan belas ribu dua ratus tujuh belas) gram. Tersangka AS mengetahui isi paket tersebut adalah narkotika jenis sabu dan paket tersebut akan diantar kepada penerimanya bernama A yang sudah dikenalnya di Pamekasan Madura.

Namun belum sampai paket tersebut dikirim tersangka AS sudah ditangkap oleh petugas tim gabungan dari BNNP Jawa Timur dan Kanwil DJBC Jatim I.

Brigjen Pol Bambang Priambadha menyampaikan, hasil pemeriksaan tersangka dan barang bukti petugas tim gabungan dari BNNP Jawa Timur dan Kanwil DJBC Jatim I berhasil mengamankan narkotika jenis sabu yang dikemas dalam 1 kotak besar berisi 21 (dua puluh satu) bungkus dengan berat total 19.217 (sembilan belas ribu dua ratus tujuh belas) gram dan 1 (satu) kotak kecil berisi 3 (tiga) bungkus dengan berat total 4014 (empat ribu empat belas) gram

“Sehingga jumlah total keseluruhan yang diamankan petugas Jawa Timur sebesar 23.231 (dua puluh tiga dua ratus tigapuluh satu) gram berhasil diamankan,” ujar Brigjen Pol Bambang.

Selanjutnya tersangka beserta barang buktinya diamankan di Kantor BNNP Jawa Timur untuk dilakukan proses Penyidikan.

Atas perbuatanya tersebut tersangka diancam dengan Pasal 114 ayat (2) SubsPasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Barang sitaan narkotika jenis sabu yang akan dimusnahkan seberat 24.454 (dua puluh empat ribu empat ratus lima puluh empat) gram.

Reporter: Alamuddin

Tue Sep 3 , 2019
Surabaya, LiraNews — Tersangka Korupsi Jasmas, Syaiful Aidy mantan anggota DPRD Surabaya periode 2014 – 2019 dijemput paksa Penyidik ​​Pidsus Kejari Tanjung Perak dirumahnya di kawasan Jalan Simo Surabaya. Pejemputan dilakukan kejaksaan karena Syaiful 3 mangkir dalam pemanggilan sebagai tersangka. Selasa (3/9/2019). Syaiful Aidy tiba di Kejaksaan Tanjung mengenakan kemeja […]