50 Anggota DPRD Jember Periode 2019-2024 Dilantik

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jember, LiraNews – Sebanyak 50 anggota DPRD Jember baru periode 2019-2024 dilantik hari ini, Rabu siang (21/8/2019) di Gedung Parlemen Jalan Kalimantan, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur.

Prosesi pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji para legislator tersebut dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Jember Setyanto Hermawan.

Angota dari Partai PKB M. Itqon Syauqi yang ditetapkan menjadi Ketua DPRD sementara dan Dedi Dwi Setiawan dari Nasdem yang juga diangkat menjadi Wakil Ketua sementara.

Menurut Itqon nantinya para wakil rakyat baru ini akan menjalankan 4 tugas pokok awal.

“Ada 4 tugas pokok awal yang akan kami lakukan, yang untuk kewenangannya sementara terbatas. Pertama membentuk fraksi, kedua mengantarkan pimpinan definitif untuk mendapat SK,” kata Itqon usai pengambilan sumpah dan janji.

“Juga ada tugas lainnya yang saya lupa. Tapi intinya saya sama dengan anggota yang lain (masih bersifat sebagai anggota sementara),” sambungnya.

Itqon juga berjanji DPRD Jember periode saat ini akan langsung bekerja karena berbasis kinerja.

“Mestinya lebih cepat lebih baik. Tapi kalau mengacu pada UU MD3 tidak ada batasan spesifik. Tapi karena kita diukur berbasis kinerja, jika lemot bertele-tele, lambat, tentunya kita harus mempertanggungjawabkan kepada masyarakat Jember,” katanya.

“Jadi mohon dukungannya, Insyaallah nanti kita dorong pimpinan partai untuk segera membentuk (susunan anggota) fraksi. Yang tidak sampai ambang batas, dan segera saya hubungi ketua partainya masing-masing,” ungkapnya.

Terkait adanya fraksi gabungan, nantinya akan lebih lanjut dibahas antar partai. “Insyaallah saya upayakan dalam satu minggu minimal 1 dari 4 tugas pokok itu dapat dilaksanakan,” imbuhnya.

Terkait melengkapi alat kerja para wakil rakyat, komisi, pimpinan definitif, dan juga rancangan APBD, Itqon sudah berkomunikasi dengan partai lain,” katanya.

“Saya kemarin, sudah berkomunikasi dengan teman-teman dari partai lain, untuk mempercepat (kinerja). Ayo kita genjot, dan karena sebentar lagi September. Tapi dengan melihat komposisi yang sekarang, 29 orang anggota baru, Insyaallah sedang semangat-semangatnya, bersama Mas Dedi (Wakil Ketua sementara DPRD Jember),” tegasnya.

Kemudian prioritas untuk rancangan APBD, yang di dalamnya terdapat pembahasan mengenai persiapan Pilkada, anggaran penyertaan modal PDP Kahyangan, menurut Itqon, belum dibahas sekarang.

“Tidak, itu harus definitif dulu (jabatan Ketua dan pengurus lainnya). Kami (sementara) hanya mengerjakan 4 tugas pokok itu. Insyaallah saya jamin lebih cepat, maksimal (target waktu), satu atau dua bulan ini,” katanya.

“Karena soal tatibnya yang agak ruwet! Memang UU MD3 tidak berubah, tapi kan ada partai baru. Jadi harus include di dalamnya dan harus disebut,” sambungnya.

Proses pelantikan 50 anggota wakil rakyat baru itu dipimpin Ketua DPRD Jember Ardi Pujo Prabowo yang duduk bersebelahan dengan Wakil Bupati Abdul Muqit Arief. Sementara

Terkait persoalan-persoalan yang muncul mengenai polemik pilkades ataupun pilkada, di tengah masyarakat, dan juga persoalan lain yang saat ini ada di tengah masyarakat.

“Apa hubungannya sama kita DPRD dalam hal ini. Kita hanya mengawasi, dan saya kira sudah ada panitia ataupun perbupnya. Kita pengawas. Yang jelas kita akan serap aspirasi dari masyarakat,” ujarnya.

Terkait penunjukannya sebagai Ketua Definitif dari Partai PKB. “Iya itu nanti saya sampaikan, tapi saat ini saya hanya sebagai ketua (DPRD) sementara,” ujarnya.

Terkait rekom dari partainya yang sudah turun. “Iya sudah, Tapi tidak etis itu disampaikan sekarang ya. Kita ikuti tahapannya,” tandasnya.

Untuk kerja marathon yang harus dilakukan oleh para wakil rakyat tersebut.

Reporter: Rio Christiawan

Thu Aug 22 , 2019
Singapura, LiraNews — Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Singapore Armed Forces (SAF) menuntaskan latihan Posko penanggulangan terorisme pada wilayah perbatasan dalam latihan bersama (Latma) Counter Terrorism Command Post Exercise (CT CPX), bertempat di Hotel Mandarin Orchard, Singapura, Rabu (21/8/2019). Dalam latihan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut, menggunakan metode Pertukaran Pakar Materi Latihan/Subject Matter Experts Exchange […]