Bawa Burung Papua, 7 Awak Kapal KM Senja Persada Ditahan

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Surabaya, LiraNews – Berkat laporan masyakarat, Polairud Polda Jatim di Pelabuhan Tanjung Perak mengamankan Hendro, Warno, Arik, Rio, Iqbal, Kiky dan Yudha. Kesemuanya awak kapal KM Senja Persada, karena berusaha menyelundupkan hewan dilindungi asal Papua, Kamis (19/9/2019) dini hari.

Ketujuh tersangka ditangkap oleh intel Polairud di atas KM Senja Persada di Pelabuhan Kalimas Surabaya. Pelabuhan Kalimas merupakan pelabuhan khusus untuk kapal motor.

“Barang bukti yang diamankan 27 ekor burung jenis Jagal Papua, 92 Cucak Papua, 22 Kasuari, 1 burung Koak dan 3 tanduk rusa,” kata kabid Gakkum AKBP Darmin S.I.K.

Lebih lanjut dikatakan Darmin, modus yang digunakan yakni, para pelaku melakukan pembelian hewan terlindungi dari para pengepul hewan di Papua. Oleh pelaku lalu ditaruh kandang dan dibawa ke Surabaya untuk dijual lagi.

“Saat diamankan, pelaku tidak bisa membuktikan kalau hewan yang dibawanya memiliki surat-surat resmi dari pihak terkait,” terang pria dengan dua melati di pundak ini.

Ketujuh pelaku secara sah, melanggar pasal 22 ayat ( 2 ) huruf a, d, j, jonto pasal 40 ayat 2 undang undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati.

“Untuk ancaman hukumnya mencapai 5 tahun dan denda Rp 100 juta,” pungkasnya.

Reporter: Alamuddin

Thu Sep 19 , 2019
Manokwari, LiraNews – Sidang ini harus betul-betul dilaksanakan dengan baik dan sesuai prosedur yang berlaku. Kebutuhan untuk merekrut Orang Asli Papua merupakan hal utama yang harus di perhatikan. Tidak lagi seperti werfing-werfing sebelumnya. Demikian dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, saat membuka Sidang Parade Calon Bintara (Caba) Prajurit […]