Diketahui Ambruk, Makam Kiyai di Sampang Utuh Tanpa Bau

Gravatar Image
  • Whatsapp

Sampang, LiraNews – Salah satu makam dari KH. Baidowi, yang ada dipinggir Masjid Darul Iman. Banbalang, Ds. Batuporo Barat, Kec. Kedungdung Sampang, ditemukan ambruk oleh masyarakat setempat. Sehingga, masyarakat melakukan perbaikan ulang dengan cara gotong royong.

Perbaikan makam tersebut dilakukan tepat dari pukul 01-00 Wib. Dan hanya dilakukan pergantian kain kafan, diganti dengan kain kafan yang baru. Karena kain kafan yang lama sudah terlihat kotor, Senin, (23/11/2020)

Menurut keterangan dari salah satu masyarakat, ambruknya makam tersebut diduga disebabkan air hujan yang menggenangi pinggiran makam, sehingga air menyerap kedalam dan mengakibatkan makam ambruk.

Namun, setelah dilakukan pembongkaran untuk perbaikan, jasad salah satu tokoh Banbalang Ds. Batuporo Barat tersebut terlihat utuh, dan tidak ditemukan bau busuk. Padahal, jasad tersebut sudah lumayan lama, tiga tahun lebih sejak dari penguburan.

K. Syufyan Ahmad, yang merupakan famili dari KH. Baidowi (Alm) menjadi saksi hidup. Syufyan menceritakan bahwa KH. Baidowi adalah orang baik. Dimasa hidupnya, ia tidak pernah mau dengan adanya program bantuan pemerintah.

Selain itu, Ia juga tegas. selalu memberi himbauan baik kepada masyarakat. Salah satu contoh, jika ketika ia sedang berdoa disebuah hajatan, semua orang yang hadir, bahkan ibu-ibu yang masak didapur harus berhenti, untuk berdoa bersama beliau.

“Saya akui, beliau orangnya sangat baik, Mas. Sering ketika ada hajatan, disaat beliau sedang berdoa, tak ada yang boleh tidak ikut amin, semuanya harus berdo’a. Juga paling anti dengan program bantuan pemerintah,” tuturnya.

“Harapan kami, semoga utuhnya jasad beliau ini menjadi bukti keselamatanya, dan diridhoi oleh Allah SWT. Alhamdulillah, seminggu yang lalu telah kami laksanakan Haul Akbar beliau,” tambahnya. LN-UMM/LAL

Related posts