Dinsos Kembali Lakukan Monev E-warung Dan Sosialisasi Jelang Realisasi Program BPNT Tahap II

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Bangkalan, LiraNews – Program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) tahap II akan direalisasikan bulan ini di Kabupaten Bangkalan.

Berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi Tikoor BPNT (Tim Koordinasi Bantuan Pangan Non Tunai) Kabupaten dari realisasi tahap I, masih banyak terdapat data yang belum valid.

Kali ini pada Kamis (12/09/2019) Tikoor BPNT yang meliputi dari beberapa elemen diantaranya Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kejaksaan Negeri Bangkalan, Polres Bangkalan, Inspektorat, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kembali terjun untuk lakukan Monev dan Sosialisasi, setelah hari selasa kemarin di Kecamatan Bangkalan dan Burneh, untuk kali ini di Kecamatan Modung, Bangkalan.

Mahmudi Ibnu Khotib selaku Tikoor dari elemen LSM menyampaikan hasil monitoringnya bersama tim koordinasi BPNT Kabupaten lainnya.

“Kami sengaja sebelum tiba di kantor kecamatan, tanpa sepengetahuan kepala desa dan camat kami telah melakukan monitoring langsung ke beberapa E-Warung yang terdapat di beberapa desa yang ada di kecamatan modung,” ujarnya.

“Maksud kami adalah ingin mengetahui secara langsung apa yang menjadi kendala dan masukan dari E-Warung selaku mitra dalam pendistribusian beras dan telor ditingkat desa dalam program BPNT,” tambahnya.

Mahmudi yang juga menjabat sebagai Bupati Lira Bangkalan menyampaikan “Bahwasanya masyarakat atau KPM bisa mengakses bantuan non tunai nya di Warung yang telah terpampang stiker BPNT Kemensos”.

Iwan Setiawan selaku Sekretaris Dinas Sosial Bangkalan menjelaskan, realisasi BPNT Tahap II ini berbeda dengan sebelumnya. Hal itu fikatakan pada para kepala desa dan operator desa di Aula Kecamatan Modung sambil menunjukkan surat edaran dari Bupati Bangkalan.

“Berdasarkan surat edaran dari Bupati Bangkalan No 460/232/433.105/2019 Tentang Perum Bulog Sebagai Penyedia Komoditas Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2019, menindak lanjuti surat edaran dari kemensos No 01/MS/K/07/2019 tertanggal 15 Juli 2019 memutuskan bahwa mulai bulan September 2019 pelaksanaan penyaluran BPNT kepada keluarga penerima manfaat (KPM) harus melalui Bulog sebagai lembaga BUMN mitra pemerintah dalam pendistribusian program BPNT,”jelasnya.

Iwan juga meminta kepada seluruh Kepala Desa dan Operator Desa untuk segera berkordinasi dengan dinsos guna memperbaiki data penerima BPNT.

“Para Kepala Desa dan Operator kami kumpulkan untuk segera melakukan verval data penerima BPNT, sebab jika penerima bansos yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) ini tidak mencairkan bantuannya, maka bantuan tersebut akan hangus bukan mengendap di BRI itu tidak benar,” tambahnya.

“Apalagi di Kabupaten Bangkalan ini berbeda dengan Kabupaten lainnya, kalau di Kabupaten lain tim BPNT dari komponen Polri adalah Kasat Bimas, kalau di Bangkalan adalah Kasat Reskrim, bisa di clentong (tangkap, bahasa madura red) nanti kalau tidak beres dalam pendistribusianya,” tegas pak sekretaris dinsos sambil diiringi tepuk tangan dari para audien.

Sukardi selaku tikoor bagian verval data menjelaskan bahwasanya Kementerian Sosial telah melaunching aplikasi berbasis digital bisa diakses di Playstore untuk mengakses data penerima KPM

“Jadi tidak benar jika ada data yang ditutup -tutupi, sebab Kemensos telah melaunching data penerima KPM, tinggal download saja aplikasinya di playstore namanya “Siks Dataku”, semua data harus berbasis by name by NIK, jadi masyarakat bisa mengecek langsung kepesertaannya dalam program bansos dan untuk BDT Kabupaten Bangkalan akan terus kami update berdasarkan perkembangan verval data yang sudah diperbaiki” jelasnya.

Reporter: Makmun Imron

Thu Sep 12 , 2019
Situbondo, LiraNews – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. diwakili oleh Komandan Sekolah Staf dan Komando (Dansesko) TNI Marsdya TNI Trisno Hendradi menutup Latihan Gabungan Tentara Nasional Indonesia (Latgab TNI) “Dharma Yudha 2019”, bertempat di lapangan upacara Puslatpur Marinir 5 Baluran, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, […]