Gotong Royong Budaya Asli Yang Mulai Terkikis

  • Whatsapp
banner 468x60

Jember, LiraNews — Ketika memasuki bulan Agustus, begitu semarak terlihat di kampung. Perumahan, gang gang permukiman, warga bersama sama melakukan kegiatan bersih bersih, menghias kampung, memasang umbul umbul, memberikan sentuhan dengan lampu warna warni dan sebagainya.

Ya..bulan ini adalah bulan Kemerdekaan bangsa Indonesia sehingga banyak kegiatan selama bulan ini yang menunjukkan kebersamaan, semangat kebangsaan dan perayaan yang mengundang keramaian di berbagai tempat.

Seperti di Dusun Gudang Karang, Rambipuji, Jember pada Minggu (4 /8/2019), pemuda dan bapak bapak melakukan aktivitas bersih bersih selokan, memasang umbul umbul dan mempersiapkan lomba untuk anak anak seperti lomba makan kerupuk, pukul kendi, memasukkan jarum ke botol, lari karung dan sebagainya.

Ada suasana yang mulai terasa luntur dimana kebersamaan, melakukan kegiatan bersama sama, berbohong royong mulai terkikis oleh peradaban zaman, dulu ketika ada tetangga membangun rumah.

Maka tetangga berbondong bondong membantu tenaga fikiran bahkan materi, tetapi kini hampir disetiap pembangunan rumah sudah filakukan oleh tukang yang berbayar baik harian maupun borongan.

Ada yang hilang, ada yang luntur, tetapi bisa muncul ketika ada kegiatan seperti agustus an memperingati Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia
Dirgahayu Negeriku
Jayalah Bangsaku.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60