Keberagaman Jember Bakal Dihadirkan Dalam Karnaval Budaya Pandhalungan

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Jember, LiraNews — Menyambut Hari Kemberdekaan 2019, Pemkab Jember bakal menggelar Karnaval Budaya Pandhalungan pada 24 Agustus 2019 mendatang. Miniatur keberagaman Jember, akan ditampilkan secara apik, dengan diikuti setidaknya 166 personel untuk defile pembuka, yang terdiri drumband, paskibraka dan rombongan pembawa lambang Garuda Pancasila.

Uniknya, dalam karnaval kali ini, selain keberagaman budaya yang ada di Jember (Pandhalungan), juga bakal ditampilkan defile khusus yang akan mengusung tema 4 C, yang selalu menjadi icon utama dalam setiap event pameran di sejumlah tempat dan seringkali menjuarai stand terbaik. Defile 4C ini terdiri dari Coffee, Chocolate, Cigarette dan Culture.

Bupati Jember, dr. Hj. Faida, MMR berpesan bahwa icon 4C ini merupakan identitas sekaligus kebanggan masyarakat Jember yang akan terus disosialisasikan secara nasional dan internasional. Untuk itu, nantinya Pemkab akan menampilkan kemasan 4C ini sebuah karnaval akbar yang akan melibatkan sejumlah pelaku usaha dan pihak-pihak terkait, sekaligus untuk memeriahkan HUT RI ke 74 tahun 2019 ini.

Nantinya, dalam karnaval Pandhalungan ini, setelah diawali oleh devile pembuka, akan ditampilkan defile wisata Jember. Terdiri dari rombongan Gus dan Ning Jember, juga akan ditampilkan penampilan dari perwakilan Destinasi Wisata Jember (DWJ) yang akan membawa peraga obyek wisata Jember. Tak ketinggalan dari Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) juga akan tampil dengan kemasan unik, seperti waiters, koki, bartender dan profesi lainnya. Berikutnya adalah penampilan 4C yang akan dipisah berdasarkan kategorinya.

Kopi, akan diwakili oleh sejumlah pelaku usaha dan dikemas berdasarkan profesinya masing-masing, seperti barista, penyeduh berikut peraga alat-alat kopi yang ada, dan tampilan usahanya masing-masing. Menariknya lagi, juga akan ada penampilan  peragaan batik bermotif kopi Jember.

Untuk cokelat, juga akan ada penampilan dari pelaku usaha cokelat, UMKM dengan peraga alat-alat produksi serta produknya. Khusus untuk cigarette, ada sajian tari khas labako dari siswa-siswi berbagai SMP dan tampilan batik motif tembakau dari sejumlah SMK di Jember.

Sedangkan untuk culture atau budaya, akan dimeriahkan dengan berbagai tarian dan kesenian khas Jember, seperti Ta’buta’an, seni Jaranan, Can Macanan Kaduk, JFC, Patrol, Pencak Silat dan Ojung.

Selanjutnya juga akan ada perform khusus dari berbagai suku dan budaya yang ada di Jember, seperti Jawa, Madura, Banyuwangian, Jember Religi, Budaya Mandarin, Reog dan budaya Pandhalungan yang akan diisi dengan tarian serta kesenaian khas yang dimainkan oleh pelajar-pelajar Jember.

Masih ditambah pula sebagai pelengkap kebudayaan yang ada di Jember, yakni penampilan untuk budaya Hindu Bali, Papua dan tak ketinggalan adalah penampilan dari sejumlah atlet serta olahragawan Jember dalam defile prestasi olahraga Jember.

Karnaval Budaya Pandhalungan yang akan digelar pada Sabtu 24 Agutus 2019 ini akan diawali atau start dari Balai Serba Guna – Kaliwates Jember dan finish di ALun-alun Jember.

Reporter : Joni Budi Utomo

Sat Aug 24 , 2019
Surabaya, LiraNews — Menjelang  pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jalasenastri ke- 73 tanggal 27 Agustus 2019 mendatang  Ketua Pengurus Gabungan (PG) Jalasenastri Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan  Latihan Angkatan laut (Kodiklatal) Ny. Anti Dedy Yulianto beserta Ketua cabang dan pengurus gabungan Kodiklatal melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam […]