Kenalkan Batik Sejak Dini, Pelatihan Mewarnai Batik Untuk Anak Dan Remaja

  • Whatsapp
banner 468x60

Jember, LiraNews – Awal Desember bertempat di Lippo Mall Jember pada 1 dan 2 Desember 2020 dilakukan pelatihan mewarnai batik.

Dilaksanakan oleh Komunitas UMKM Jember Ekonomi Kreatif (JEKA) bekerjasama dengan Lippo bertempat di lantai P3. Pelaksanaan Pelatihan Didampingi dari Batik Rezti Ambulu.

“Pelatihan dilakukan dua hari, hari ini untuk anak anak dibawah usia 7 tahun dan besok untuk remaja,” ujar Imam Syafi’i owner Batik Rezti.

Pelatihan ini, jelasnya, bertujuan mengenalkan batik kepada anak anak sejak usia dini, agar mengenal budaya luhur bangsa, untuk anak anak belum diajarkan penggunaan canting dengan malam untuk membatik.

“Karena resiko terkena panas, anak anak hanya melanjutkan pewarnaan dasar,” lanjutnya.

Membatik tidak sesederhana yang dilihat, seperti memulai menggambar pola, mencanting menempelkan malam sesuai gambar pola. Kemudian dilanjutkan pewarnaan.

“Tidak selesai disini karena masih ada proses panjang seperti penguncian warna, membilas dan sebagainya,” paparnya

Dengan mengenalkan batik sejak dini kepada anak anak dan remaja di harapkan generasi penerus memahami cara pembuatan dan bangga menggunakan batik.

Ditempat yang sama ketua Jeka M Noval mengutarakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian gelar produk UMKM Jember yang difasilitasi tempat oleh Lippo.

“Dengan kegiatan diharapkan produk UMKM bisa menembus dan dikenal Pasar Modern,” ungkap Opank biasa disebut nama panggilannya.

“Semoga setelah beberapa waktu gelar produk dikenal di pasar Modern, menjadikan UMKM naik kelas,” pungkasnya. LN-UTM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60