KM Santika Nusantara Terbakar di Perairan Masalembu, 58 Penumpang Menunggu Evakuasi

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Sumenep, LiraNews — Kejadian musibah laut menimpa Kapal Motor (KM) Santika Nusantara, rute Surabaya-Balikpapan, terbakar di perairan Masalembu, Sumenep, Madura, Kamis (22/8/2019) sekitar pukul 20.45 Wib.

Berdasarkan manifes, KM Santika Nusantara berpenumpang 111 orang: 100 penumpang dewasa, 6 anak, dan 5 bayi. Selain itu ada 83 kendaraan yang diangkut.

Tholeb humas basarnas Surabaya mengatakan proses evakuasi masih berlangsung, dan kabar terakhir sudah ada 53 penumpang yang diselamatkan menggunakan life raft (perahu penyelamat dalam kapal) lalu dipindahkan ke kapal penolong menuju Dermaga Tanjung Perak Surabaya.

58 orang sisanya masih di atas kapal untuk menunggu evakuasi. “Kami sudah memberikan kabar lewat komunikasi radio di kapal agar kapal-kapal yang kebetulan melintas untuk membantu evakuasi,” jelasnya.

“Basarnas, juga telah mengerahkan KN SAR Laksamana milik Kantor SAR Banjarmasin, dan KN Cundamani milik KSOP Surabaya, untuk membantu proses evakuasi penumpang KM Santika Nusanatara yang terbakar,” paparnya.

Dia berharap proses evakuasi berjalan lancar, serta mengupayakan tak ada korban jiwa. Tim SAR mendapatkan tantangan dalam proses evakuasi yakni kondisi cuaca di mana angin kencang dan gelombang yang cukup tinggi. “Semoga hari ini cuaca bersahabat,” urainya.

Hingga berita ini ditulis, upaya evakuasi masih berlangsung. Pihak Basarnas juga belum mengetahui penyebab musibah kebakaran tersebut.

Reporter: Alamuddin

Fri Aug 23 , 2019
Gresik, LiraNews — Komandan Pusat Latihan Marinir (Danpuslatmar) Komando pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal) Kolonel Marinir Kresno Prastowo selaku Direktur Latihan meninjau pelaksanaan latihan Pendaratan Khusus (Ratsus) prajurit marinir Kodiklatal yang dilaksanakan di Pantai Banyu Urip Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik. Adapun latihan pendaratan khusus tersebut diikuti […]