KPU Bangkalan Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Dan Anggota DPRD Bangkalan

  • Whatsapp
banner 468x60

Bangkalan, LiraNews — Pasca menerima salinan putusan MK yang menyatakan menolak seluruh gugatan pemohon dalam pemilu serentak 2019, Komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Bangkalan melakukan rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon anggotan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Bangkalan yang bertempat di gedung merdeka. Senin (12/08/2019).

Dalam Rapat Pleno penetapan, terlihat hadir Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan seluruh perwakilan partai politik (Parpol) yang kadernya maju dalam pemilu legislatif di Kabupaten Bangkalan.

Ketua KPU Bangkalan, Zainal Arifin dalam sambutannya mengaku bahwa KPU sudah menjalankan segala proses demokrasi termasuk menunggu putusan MK, yang hasilnya MK menolak seluruh permohonan pemohon sengketa pemilu 2019

“Alhamdulillah MK sudah selesai, sehingga KPU Bangkalan melakukan pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bangkalan pada pemilu 2020,” ujar Zainal.

Ditengah acara pleno penetapan, Bawaslu Bangkalan meminta kepada ketua KPU Bangkalan untuk menunda penetapan sejenak dan untuk mengkroscek kelengkapan persyaratan calon anggota DPRD Kabupaten Bangkalan.

“Harap kepada ketua KPU Bangkalan untuk membreak dulu pleno ini, dan berunding dengan parpol tentang kelengkapan berkas,” kata Ahmad Mustain selaku ketua Bawaslu Bangkalan.

Lanjut Mustain, sapaan akrabnya apabila sudah ditetapkan dengan ketuk palu, maka dalam jangka waktu 7 hari kedepan dimulai sejak ketuk palu, calon anggota DPRD Kabupaten Bangkalan harus melengkapi persyaratan yg ditetapkan, jika tidak maka yang tidak lengkap mau tidak mau dicoret dari calon anggota legislatif.

“Kelengkapan harus terpenuhi dalam waktu 7 hari ke depan setelah Ketua KPU mengetuk palu 3 kali. Jika tidak terpenuhi, Bawaslu akan bertindak tegas dengan membuat rekom dalam pencoretan calon anggota yang tidak lengkap,” imbuh Mustain.

Setelah dipastikan semuanya siap, KPU Bangkalan melanjutkan acara dan mengetuk palu pleno persidangan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bangakalan pada pemilu 2019.

Hingga penanda tanganan KPU, Bawaslu, dan semua perwakilan partai politik untuk pengesahan penetapan perolehan kursi dan calon legislatif 2019.

Reporter : Ilham Maulana

banner 300x250

Related posts

banner 468x60