OJK Jember: Jangan Gampang Berikan Indentitas KTP Pihak Lain

  • Whatsapp
banner 468x60
Informasi yang menyebar di aplikasi pesan berjaringan WA.

Jember, LiraNews – Hindari terjadinya penyalahgunaan identitas pribadi oleh pihak lain untuk kepentingan pengajuan pinjaman daring atau online, masyarakat dihimbau tidak mudah memberikan data pribadi atau identitas diri baik berupa KTP atau identitas lainnya.

Himbauan ini disampaikan oleh Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin meski saat ini belum ada laporan penyalahgunaan identitas untuk pengajuan kredit via daring. Himbauan ini disampaikan pasca maraknya informasi agar berhati-hati tidak memberikan dokumen e-KTP bersama foto diri di media sosial (medsos) dan pesan berantai WA.

“Untuk laporan resmi mengenai penyalahgunaan dokumen tersebut, terkait pinjaman atau pun kredit online menggunakan identitas orang lain, memang belum ada. Namun di daerah lain sudah terjadi penyalahgunaan oleh oknum tidak bertanggung jawab itu,” kata pria yang akrab dipanggil Azil ini, Jumat (26/7/2019).

Masih menurut Azil, hal tersebut patut diwaspadai dan diantisipasi. “Karena nantinya, tentu pihak pemberi pinjaman akan menagih ke pemilik dokumen tersebut. Sehingga kami himbau masyarakat untuk tidak mudah memberikan dokumen diri (e-KTP) dan foto diri kepada orang lain,” katanya.

Semisal dimintai dokumen ataupun identitas diri, katanya, harus jels peruntukannya. Jangan sampai hanya tegiur potongan harga, diskon-diskon pembelian barang, ataupun undian berhadiah, kemudian sampai memberikan identitas diri.

“Agar jangan sampai banyak jatuh korban di masyarakat. Jadi jangan mudah memberikan (identitas diri dan foto diri) ke orang lain,” tandasnya. LN-RIO

banner 300x250

Related posts

banner 468x60