Penyaluran Bantuan Ayam Joper Khawatir Tak Sesuai Prediksi

  • Whatsapp
banner 468x60

Bangkalan, LiraNews– Persiapan penyaluran bantuan ayam joper di Kabupaten Bangkalan masuki proses lelang.

Bantuan ini berasal dari KEMENTAN (Kementerian Pertanian) melalui Balai Besar Imseminasi Buatan (BBIB) Singosari Malang.

Kabupaten Bangkalan sendiri ada 8.931 Rumah Tangga Miskin Peternak (RTMP) yang tersebar di 5 Kecamatan, yaitu Burneh, Labang, Kamal, Tragah, dan Socah.

Penyaluran bantuan melibatkan Dinas terkait setempat, dalam hal ini Dinas Sosial dan Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan untuk melakukan verifikasi data penerima.

Ahmad Hafid selaku Plt Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Bangkalan saat ditemui menjelaskan, “bantuan itu eksekutornya adalah KEMENTAN melalui BBIB, sedangkan DINSOS dan Dinas Peternakan hanya memfasilitasi untuk melakukan verifikasi data.

Bantuan yang berupa ayam joper ini dibagikan ke setiap RTMP , satu RTMP mendapatkan 50 ekor ayam joper beserta bantuan pakan dan biaya kandang.

“Nanti setiap RTMP mendapat 50 ekor ayam joper dengan bantuan pakan dan biaya kandangnya. Untuk pakan hanya 1 kali, itupun kurang lebih mencukupi 2 bulan saja. Sedangkan untuk biaya kandang adalah 500 Ribu,” terangnya.

“Penyalurannya sendiri langsung dari BBIB ke RTMP, sedangkan untuk bantuan biaya kadang akan di transfer ke setiap Unit Pengelola/Kelompok yang berada di masing-masing Kecamatan dan Desa,” lanjutnya.

Mengingat anggaran untuk bantuan ini terbilang besar, yaitu 24 Miliar. Diharapkan bisa segera tersalurkan seperti rencana awal yang prediksinya akan terealisasi sekitar bulan Agustus – September 2019.

“Rencananya memang disalurkan bulan Agustus-September ini,” tutupnya.

Reporter: ikbal

banner 300x250

Related posts

banner 468x60