Pupuk di Banyuates Sampang saat ini Mengalami Masa Paceklik

  • Whatsapp
banner 468x60

Sampang, LiraNews – Dimusim penghujan seperti saat ini, cocok tanam merupakan harapan para petani untuk kelangsungan hidup dan menafkahi keluarga. Namun, akan menjadi gelisah bilamana terhambat dengan langkanya pupuk, Rabu, (25/11/2020).

Hal ini, sedang dirasakan Pak Slamet, salah satu masyarakat Banyuates Sampang. Ia mengaku kebingungan dengan tidak adanya pupuk di Banyuates. Mengingat, dimusim cocok tanam seperti saat ini, pupuk dibituhkan para petani untuk tanamanya, agar tanaman tumbuh subur.

Namun, jika pupuk menjadi langka, stok pupuk dari Pemerintah-terkait tidak segera disuplay ke tingkat kabupaten sampai ke kecamatan. Maka, nasib petani diujung tanduk. Akibatnya, petani akan mengalami gagal panen dan kerugian besar.

“Siapa yang gak bingung. Sayapun bingung jika Pupuk tak ada seperti saat ini, sedangkan cocok tanam sudah berlangsung. Hanya akan kerugian besar dan gagal panen jika hal ini tak direspon cepat oleh pemerintah,” Jelasnya dengan nada kesal.

Menanggapi hal itu, Muniri Wafi, yang merupakan Kordinator Lsm Lira Pantura, mendesak agar Pemerintah secepat mungkin memberi stok pupuk yg dijual di Pasar. Pemerintah tidak boleh main-main dalam hal ini. Pemerintah harus memprioritaskan nasib petani, agar mereka para petani tidak kehilangan penghasilan dr sektor pertaniaannya.

Dalam hal ini pula, Pemerintah harus segera mencari solusi, agar tidak terjadi kelangkaan. Dan jangan sampai, terjadinya kelangkaan pupuk ini, karna ada kongkalikong antara pemerintah dengan pengusaha atau oknum-oknum tertentu, sehingga masyarakt kecil akan menjadi korbannya.

“Secepat mungkin, Pemerintah harus memberikan stok pupuk yang dijual di Pasar. Tidak boleh ada main kongkalikong dalam hal ini, petani wajib diprioritaskan. Dalam waktu pendek, Pemerintah harus temukan solusi, bagaiaman caranya pupuk ini tidak langka,” Tukas Mantan Aktivis PMII Surabaya tersebut.

Sementara Kepala Pertanian Sampang, Suyono, saat dikonfirmasi melalui Whatsap mengatakan. Bahwa, untuk Kec. Banyuates sudah dilakukan pengiriman, hanya saja Ia tidak mengatahui tonasenya, hingg mengarahkan untuk konfirmasi ke Kordinatornya saja.

“Banyuates sudah dikirim mas, untuk tonase langsung ke distributornya, saya gak hafal,” jelasnya. LN-LAL/MAM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60