Saling Klaim Tanah Antara Pemerintah Desa dan PT KIG, Bagaimana Hasilnya?

Gravatar Image
  • Whatsapp

Gresik, LiraNews – Pertemuan antara warga Yosowilangon dan perwakilan dari KIG Gresik di kantor Kelurahan Yosowilangon, langsung diketuai oleh kepala desa Iriana Yudhaningsih, dan perwakilan dari KIG.

Read More
banner 300250

Terkait lahan yang dibangun di sebelah barat kawasan PT KIG, maksud dan tujuan pertemuan tersebut, dari perwakilan warga hanya ingin mengetahui penjelasan dari pihak KIG maupun dari kepala desa, apakah tanah tersebut milik desa atau milik PT.KIG.

Kepala desa berharap nanti dari pihak PT. KIG dan pemerintahan desa yang disaksikan oleh warga untuk pengukuran tapal batas tanah desa dan KIG.

“Supaya warga tidak ada negative thinking kepada pemerintahan desa. Karena masing masing dari PT KIG dan pemerintahan desa Yosowilangon saling mengklaim kepemilikan tanah tersebut, dan juga nantinya pihak desa akan menyurati pihak PT.KIG dengan tembusan kepada bupati dan camat,” ujar kepala desa, Senin.

Iriana Yudhaningsih mengatakan, boleh membangun dan menghidupkan ekonomi. Asal tidak mengecil saluran. “Supaya tidak terjadi kebanjiran. Desa tidak pernah memberi izin untuk membangun lahan tersebut,” katanya.

Menurut keterangan salah satu warga yang ikut hadir, Moh zainuddin, “kalau memang lahan tersebut yang dibangun bukan tanah milk desa tidak apa apa. Namun saya sebagai warga mengharap tolong aliran air yang sudah ada dari semenjak dulu jangan di perkecil untuk di manfaatkan dibuat bangunan atau warkop dan yang lainnya, supaya kalau terjadi hujan deras tidak sampai terjadi banjir,” jelasnya.

“Tapi kalau lahan yang di bangun itu tanah desa ,tolong sebagai warga di kasih penjelasan biar saya sebagai warga tidak ada cemburu sosial,” sambungnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh warga yang hadir, apabila betul lahan tersebut milik desa, dan disewakan diharapkan hasil sewa tersebut di peruntukan untuk pembangunan madrasah yang sedang dibangun di desa Yosowilangon Manyar Gresik.

Masyarakat juga berharap PT. KIG dapat menyerap tenaga kerja dari warga sekitar. Pada pertemuan tersebut PT KIG harus memenuhi kewajiban CSR kepada desa Yosowilangon.

Perwakilan PT KIG akan menyampaikan ke pada pimpinan perusahaan mengenai tanah sengketa dimana secara data leter C tanah tersebut milik Desa Yosowilangon. Namun secara sertifikat tanah tersebut milik PT.KIG. Rencananya pertemuan ini akan berlanjut dengan menghadirkan BPN Gresik. LN-SAN

Related posts