Sambut Hari Disabilitas Internasional, LSM LIRA Luncurkan LDC

  • Whatsapp
banner 468x60

Surabaya, LiraNews – Semua orang memiliki hak moral dan konstitusional yang mendasar. Hak-hak ini tidak boleh dicabut hanya karena seseorang memiliki disabilitas mental atau fisik. Diantara hak fundamental tersebut adalah hak untuk hidup bermasyarakat.

Dalam domain Pemrograman Pendidikan dan Layanan Manusia: Semua orang, sebagai manusia, secara inheren berharga. Semua orang berhak atas kondisi yang mendorong perkembangan mereka. Kondisi seperti itu disediakan secara optimal dalam pengaturan social masyarakat.

Read More

banner 300250

Oleh karena itu, dalam pemenuhan hak asasi manusia dan dalam menjamin peluang pertumbuhan yang optimal, semua orang, terlepas dari beratnya disabilitasnya, berhak atas kehidupan bermasyarakat.

Menyadari hal itu, Bambang Asraf HS Walikota DPD LSM LSM (Lumbung Informasi Rakyat) Surabaya menyatakan akan fokus pada gerakan kepedulian dan advokasi kepada penyandang disabilitas.

“LSM LIRA selalu akan memberikan perlakuan yang sama kepada seluruh warga negara atas pemenuhan hak-hak asasi mereka, yaa ini salah satu upaya untuk mewujudkan inklusi social kedepannya tanpa marjinalisasi,” ujarnya saat dikantornya di Jl.Mastrip Gunungsari 191 Surabaya.

Asraf melanjutkan, hal ini semata-mata karena wujud kepedulian sosial seluruh anggota LSM LIRA terhadap penyandang disabilitas. Mereka sesungguhnya punya potensi untuk berkembang.

“Maka dengan segala sumber daya yang kami miliki akan berkomitmen berjuang bersama kawan-kawan penyandang disabilitas,” pungkasnya.

Satu visi dengan hal itu, Abdul Majid,SE. Pemerhati isu – isu disabilitas menerangkan, bahwa kedepannya LSM LIRA Disability Care (LDC) akan menyediakan akses dan akomodasi yang fleksibel, sehingga individu memperoleh informasi hak disabilitas yang dibutuhkan, advokasi atau dukungan dengan cara yang relevan dan terhormat.

“Sehingga individu berpartisipasi penuh dalam pengaturan prioritas lembaga, pertemuan, kolaborasi dan upaya advokasi,” katanya.

Terkait Visi dan Misi LDC, Majid menjelaskan, bahwa visi LDC adalah  membayangkan dunia yang bebas hambatan, inklusif, dan beragam yang menghargai setiap individu dan suara mereka.

“Di dunia ini, semua penyandang disabilitas menikmati kekuatan hak dan kesempatan yang sama; kebebasan dari pelecehan, pengabaian, dan diskriminasi; martabat; dan menghormati pilihan mereka berdasarkan tujuan dan nilai mereka sendiri,” ujar Majid, Kamis (26/11).

Majid menerangkan, adapun misi LIRA Disability Care adalah mengadvokasi, mendidik, menyelidiki, dan melakukan litigasi untuk memajukan hak, martabat, kesempatan yang sama, dan pilihan bagi semua penyandang disabilitas di Indonesia.

“Terkait tanggal launching, Insya Allah akan dilaksanakan pada 0l3 Desember 2020 yang bertepatan dengan hari Disabilitas Internasional,” ungkapnya.

“Soal bertepatan dengan momentum Pilkada serentak 09 Desember, ini momentum yang baik untuk kedepannya kita bias berkolaborasi dengan para “Pengantin Pembangunan” dalam segala aspek pembangunan agar segera tercipta inklusi social secara utuh. Sekaligus ini akan menjadi test cases awal terkait janji – janji mereka ada saat kampanye,” imbuhnya. LN-TIM

banner 300x250

Related posts

banner 468x60