Terkait Tumpahan Batu Bara, Koalisi Aksi Laut Biru Demo PLTU Di Perairan Paiton

  • Whatsapp
banner 468x60

Probolinggo, LiraNews – Aksi damai yang dilakukan oleh Kelompok masyarakat yang terdiri dari perwakilan DPC LSM Lira Paiton, Pokmaswas Keranji, Paiton dan beberapa masyarakat sekitar melakukan aksi peduli lingkungan di daerah perairan dan TPI Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Senin (30/11) Aksi tersebut merupakan sebagai bentuk protes terkait tumpahan Batu Bara milik PLTU di daerah perairan Paiton, yang diduga dapat merusak Ekosistem terumbu karang.

Aksi yang dirangkum dalam “Koalisi Aksi Laut Biru Untuk Kedaulatan Ekosistem Laut Indonesia” merupakan ekspresi kepedulian terhadap ancaman degradasi lingkungan hidup yang wajib dilindungi.

Anton Marsono, Ketua Pokmaswas Keranji Binor, Kecamatan Paiton mengatakan, bahwa aksi tersebut merupakan suatu bentuk kepedulian lingkungan, supaya dunia tahu terkait sengketa lingkungan hidup di area Jeti PLTU Paiton unit 7-8.

“Ya aksi ini merupakan bentuk kepedulian lingkungan terkait tumpahan Batu Bara di area unit 7-8 itu, tumpukan Batu Bara tersebut hingga saat ini mencapai ketinggian sekitar 4 meter, panjangnya 26 meter dan lebarnya 90 meter,” kata Anton Marsono.

Sedangkan menurut Antoni Sofian, Salah satu penggerak Aksi dan sekaligus ketua yayasan Sekola Konang Indonesia menjelaskan, bahwa pihak Pokmaswas Keranji sudah menyurati pada yang bersangkutan yaitu PLTU unit 7-8, namun mendapat respon yang kurang baik, sehingga pihaknya melakukan aksi damai terkait tumpahan Batu Bara yang diduga dapat merusak Ekosistem Laut tersebut.

” Kami sudah memberitahukan sebelumnya terkait sengketa lingkungan hidup terhadap pihak PLTU, namun hingga saat ini belum mendapat respon yang baik, dan saat ini kami lakukan aksi supaya dunia tahu bahwa di situlah area PLTU unit 7-8 terjadi sengketa lingkungan hidup,” tutupnya.

Menanggapi aksi damai tersebut Bambang juantoro sebagai Humas PT. Pomi melalui Widya Tresna Utami memberikan file berupa jawaban dari pihak PLTU , sebagian jawaban seperti ” Kami telah ikut serta dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (Proper) yang digelar Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK).

Dalam 5 tahun terakhir kami mendapat penghargaan Proper Hijau pada 2015, 2016, dan 2017, dan Blue Proper pada 2018 dan 2019.

PT Paiton Energy memberikan 2.045 MW tenaga listrik kepada PT PLN (Persero), yang merupakan sekitar 6% dari seluruh kapasitas terpasang di Pulau Jawa.

Saat ini Perseroan sedang mendukung penuh upaya PLN dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan di Jawa dan Bali dengan bekerja terus menerus untuk
memastikan bahwa unit kami (unit 7, 8, dan 3) beroperasi dengan baik menghadapi situasi pandemi Covid-19 yang penuh tantangan.

Perseroan menilai adanya aksi sekelompok orang yang menamakan Koalisi Aksi Laut Biru dapat menimbulkan dampak terhadap upaya kami dalam
membantu menjaga keandalan sistem kelistrikan selama masa pandemi.

Juga bisa menggangu upaya kita bersama dalam mencegah penularan Covid-19.A Paiton Energy berkomitmen untuk melaksanakan semua ketentuan dan peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia untuk operasional PLTU. Juga termasuk dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19.” LN- ANIS

banner 300x250

Related posts

banner 468x60