Warisan Budaya Kerap Sapi Brujul Probolinggo Kembali Digelar 

| Diterbitkan Pada:
Keterangan Foto:
Bagikan:

Probolinggo, LiraNews – Karapan Sapi Brujul yang dipertengahan bulan Agustus 2019 lalu telah dipatenkan menjadi warisan budaya asal Probolinggo, Gelaran kali ini dalam rangka Hari Jadi ke 660 Kota Probolinggo dan Semipro ke XI tahun 2019.

Lomba balap sapi yang menggunakan sawa dengan genangan air sebagai medan pacu itu di gelar di lapangan kerap sapi brujul Jrebeng kidul, Jl. Kyai Safi’i, kecamatan Wonoasih, Probolinggo, lebih tepatnya belakang pasar sapi Wonoasih, Sabtu (7/9/2019).

Total ada 50 pasang sapi yang dilombakan dengan dua katagori A dan B. Katagori A untuk para pemenang dibabak pertama, katagori B untuk yang kalah, semua peserta adalah warga kota Probolinggo.

Hadir dilokasi, walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin, Kepala Bakorwil V Jember Tjahjo Widodo, Ketua Semipro Gogol Sudjarwo, Kepala DPMPTSP Dwi Hermanto, Camat Wonoasih Deus Nawandi dan Camat Mayagan M.Abas.

Walikota Probolinggo menyampaikan kegiatan sapi brujul ini adalah kegiatan yang sangat baik, jangan sampai ada yang memanfaatkan menjadi kegiatan yang kurang baik.

“Kegiatan ini sudah sangat baik, jangan sampai ada yang memanfaatkan menjadi kegiatan yang kurang baik, tapi saya yakin warga kota Probolinggo mampu menjaga nama baik kota Probolinggo,” ucap Habib (sapaan walikota Probolinggo).

Kerapan sapi brujul, lanjut walikota, dalam setahun digelar sebanyak 5 kali, dan kemungkinan akan digelar lebih besar pada tanggal 20 Oktober 2019.

“Mudahan-mudahan tanggal 20 Oktober 2019 disetujui oleh gubernur, kota Probolinggo akan mengundang seluruh wilayah Jawa Timur untuk melihat kerapan sapi brujul di kota Probolinggo,” katanya.

“Saya minta dinas terkait untuk mempersiapkan segala sesuatunya, bahwa kita Probolinggo harus menjadi tuan rumah yang baik, kita tunjukan bahwa tradisi ini bisa kita kenalkan ke daerah-daerah lainya,” tutup habib.

Lomba kali ini bakal digelar selama dua hari (7-8/9) , dengan total hadiah 21 juta, perebutan tropi bergelirir dan tropi tetap walikota Probolinggo. LN-GUS/CUL

Sat Sep 7 , 2019
Jakarta, LiraNews – Puluhan anggota Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) kembali mendatangi DPP Partai Golkar. Mereka ingin bertemu dengan pengurus DPP Partai Golkar untuk menyampaikan aspirasi. Namun, tidak diizinkan masuk ke dalam kantor DPP Partai Golkar. “Kita datang ke rumah kita sendiri untuk menyampaikan aspirasi kepada Pengurus DPP. Namun, sama […]